Besok, KPU Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu

Hari ini KPU Indramayu telah mempersiapkan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Tahun 2020, ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni saat ditemui di salah satu aula KPU Indramayu usai menggelar rakor mengatakan, penetapan itu jika merunut sesuai PMK (Peraturan Mahkamah Konstitusi) 081819 seharusnya BRPK (Berita Registrasi Perkara Konstitusi) itu sudah keluar dan disampaikan ke KPU RI kemudian KPU RI menerbitkan untuk melakukan penetapan bagi Kabupaten dan Kota yang tidak ada KPU .


“Sampai saat ini BRPK resmi dari MK ke KPU RI belum disampaikan, maka sesuai dengan time line kita tetap mengacu kepada PKPU 5 bahwa 3 hari setelah BRPK itu dikeluarkan kita harus mengadakan proses penetapan” Ucapnya. Rabu 20/1/2021.


Toni menambahkan, pihaknya sudah sepakat bahwa dalam hasil dari rakor hari ini, KPU Indramayu akan melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang akan digelar pada hari Kamis 21 Januari 2021 pukul 14:00 WIB.


“Alasannya karena hari ini kemungkinan besar dipastikan dari sekretariat KPU RI yang ada di MK bahwa BRPK resmi dari MK dan surat keputusan dari KPU RI akan disampaikan hari ini” Terang Toni.


Namun meski demikian Toni menyebut, pihaknya masih belum menyampaikan nomor surat.

Baca Juga
1 of 44


“Jadi yang menjadi dasar untuk proses penetapan itu BRPK resmi dari MK dan surat keputusan dari KPU RI yang akan diterbitkan hari ini, ada pun nomor suratnya belum kita sampaikan” Tutur Toni.


Dalam pelaksanaan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, kata Toni mengacu kepada PKPU 19 Pasal 54 bahwa yang diundang untuk proses penetapan itu, hanya pasangan calon serta partai pendukung dan Bawaslu, sedangkan untuk pasangan calon sendiri Toni tidak bisa memastikan kehadirannya.


“Kalau sesuai undangan pasangan calon, hadir atau tidaknya belum bisa dipastikan” Kata Toni.


Selama proses penetapan itu berlangsung, Toni berharap pasangan calon tidak membawa pendukung, sebab kata Toni pihaknya sudah memberikan alternatif lain untuk bisa menyaksikan proses penetapan itu.


“Kita sudah memberikan akses kepada masyarakat untuk bisa melihat langsung melalui live streaming di laman medsos KPU Indramayu, kita antisipasi kerumunan dan protokol kesehatan merupakan fokus utama kita, mudah mudahan besok tidak ada kenadala” Tutupnya. (Aji AP)

Comments
Loading...