Akuntabilitas Kinerja Pemkab Indramayu Meraih Predikat B

 MENARA POST - Hasil penilaian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 Pemkab Indramayu mendapat nilai atau predikat ‘B’ (baik). Penyerahan laporan hasil evaluasi tersebut diserahkan oleh KemenPANRB yabg digelar di The Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/01/2019).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin menjabarkan, evaluasi SAKIP merupakan momentum bagi pergerakan arah pemerintahan yang makin akuntabel, serta komitmen mewujudkan profesionalisme aparatur yang mengawal berjalannya program-program negara guna menghadirkan kesejahteraan rakyat. 

Menurut Syafrudin, di awal 2019 ini, merupakan saat  yang tepat bagi semua instansi pemerintah untuk memulai resolusi kinerja yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Semangat perubahan itu hendaknya terus melandasi jiwa dan perjuangan semua aparatur negara, untuk semakin adaptif terhadap perubahan, bekerja keras, inovatif dan kreatif dalam menjalankan program kerja pemerintah. Hal ini bertujuan agar pembangunan baik di pusat maupun daerah dapat berjalan cepat, tepat dan akurat, serta menyentuh  “segitiga harapan” yakni harapan publik, harapan sektor privat maupun harapan pemerintah itu sendiri.

“Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintahan diubah, bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan, tetapi melakukan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai sasaran itu. Kedua, memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program atau kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Ketiga, memastikan penghematan anggaran melalui dihapusnya kegiatan yang tidak penting, yang tidak mendukung kinerja instansi,” tegas Syafruddin.

 Sementara itu di tempat yang sama,  Inspektur Kabupaten Indramayu, Didi Kusmulyadi mengatakan,  prediket B yang telah diraih oleh Pemkab Indramayu harus terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang, khususnya di tahun 2019 ini. Pasalnya masih terdapat kekurangan yang harus mendapatkan perhatian seperti halnya pelayanan publik yang harua segera diperbaiki dan ditingkatkan.
[ads-post]
Menurut Didi, aaat ini Pemkab Indramayu secara bertahap kontinu menerapkan SAKIP sesuai dengan yang disyaratkan oleh KemenPANRB. Salah satunya dengan mewujudkan e-government baik untuk internal pemerintahan maupun untuk pelayanan kepada masyarakat.  Selain itu, ujar dia, penerapan manajemen berbasis kinerja bagi para ASN sudah mulai diterapkan pada tahun 2019 ini.

"Meski meraih predikat B, kita tentunya berharap terus ada peningkatan dan progres di setiap tahunnya. Kita ingin naik status dari B ke A.  Banyak manfaat yang didapat jika kita meraih predikat A, seperti halnya keinginan pa menteri dan keinginan masyarakat Indramayu,” tegas Didi. (Otong.S / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu)

Inspektur Kabupaten Indramayu, Didi Kusmulyadi mengatakan, prediket B yang telah diraih oleh Pemkab Indramayu harus terus ditingkatkan

Posting Komentar

[facebook][disqus]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget