Antisipasi Korupsi Sejak Dini, KPK Roadshow Ke Indramayu

 MENARA POST - Indramayu, Dalam rangka mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, KPK menyelenggarakan Program Kampanye Anti Korupsi sebagai upaya membangun penyadaran publik dan meningkatkan partisipasi publik dalam gerakan anti korupsi. Kegiatan kampanye ini berupa Roadshow Bus KPK dengan target sasaran masyarakat umum, yang terdiri atas pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintahan, komunitas, dan lain lain.
Evi Handayani, Saat diwawancarai tim JOIN DPD Kab Indramayu
Kegiatan Roadshow Bus KPK ini dilaksanakan mengingat upaya mencegah korupsi merupakan proses panjang yang harus dilakukan oleh KPK. KPK harus secara kongkrit berinteraksi dengan masyarakat untuk memberikan pengetahuan mengenai korupsi dan bagaimana cara melawan korupsi.  Upaya menghadirkan KPK di tengah masyarakat secara langsung salah satunya dilaksanakan dengan kegiatan Roadshow Bus KPK ke berbagai daerah di Indonesia. Bus KPK sendiri pertama kali diluncurkan pada 2014 bersama GIZ, yang pada awalnya bernama bus ACLC. setelah diluncurkan,  bus KPK melakukan perjalanan ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk mendukung peringatan hari Antikorupsi Internasional 2014. Setelah itu bus KPK ditempatkan di taman pintar Yogyakarta dan sekitarnya untuk sosialisasi antikorupsi kepada masyarakat secara langsung.
[ads-post]
Evi Handayani selaku Koordinator Direktorat Pendidikan dan pelayanan Masyarakat saat diwawancarai oleh awak Media mengatakan. saya selaku Direktorat Pendidikan dan pelayanan Masyarakat juga Deputi bidang pencegahan Korupsi. Dalam kegiatan Roadshow Bus KPK hari ini 25 september 2018 ini yang pertama kami datangi adalah Kabupaten Indramayu selama dua hari kegiatan 11 kota/Kabupaten lainya di pulau jawa. Kami selaku Tim Roadshow bus KPK mengajak seluruh lapisan masyarakat maupun sipil dan sebagainya untuk memerangi atau mencegah korupsi. Sebagian besar Masyarakat hanya mengetahui KPK itu menangkap dan membasmi koruptor di media TV dan cetak namun disini KPK juga mensosialisakan mengenai pembrantasan korupsi sejak dini. Makanya kita datang ke kota indramayu ini untuk mensosialisakan kepada masyarakat agar bisa bersih dari korupsi dan disiplin tugas& ungkapnya.
Para kepala Desa Indramayu

Setelah dilakukan perbaikan ulang dan re-branding, bus KPK pada 2018 kembali menyapa masyarakat Indonesia melalui program penguatan kampanye antikorupsi &Roadshow Bus KPK JELAJAH NEGERI BANGUN ANTIKORUPSI &, dengan sasaran sebanyak 11 kota/Kabupaten dipulau jawa mulai tanggal 24 september hingga 31 oktober 2018 bekerjasama dengan berbagai unit kerja di KPK, Roadshow bus KPK akan hadir disetiap kota/Kabupaten yang telah ditetapkan dengan menggelar berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan target sasaran, seperti sekolah, kampus, kantor pelayanan publik,  tempat keramaian publik (alun-alun dan car free day), dan sebagainya dimasing masing kota/Kabupaten yang dilewati
Kegiatan penguatan kampanye antikorupsi berupa Roadshow bus KPK bertujuan untuk mensosialisasikan pemberantasan korupsi di masyarakat, menghadirkan KPK secara riil ditengah tengah masyarakat, mensosialisakan program-program antikorupsi KPK dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat.
Kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam rangkaian Roadshow Bus KPK 2018 disetiap daerah yang dikunjungi diantaranya
1. Edukasi antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat umum (mendongeng, playday boardgaes, sosialisasi antikorupsi, pentas budaya, pemutran film dll)
2. Sosialisasi e-LHKPN
3. Sosialisasi gratifikasi
4. Stadium general/kuliah umum di kampus
5. Peninjauan layanan publik ( Samsat, PTSP, BPN Daerah)
6. Kolaborasi publikasi upaya antikorupsi pemkab/pemkot/polres dan pelayanan publik
(REDAKSI)

Kegiatan Roadshow Bus KPK ini dilaksanakan mengingat upaya mencegah korupsi merupakan proses panjang yang harus dilakukan oleh KPK

Topik :

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.