Sosok Halimah Yacob Bangkitkan Semangat Kaum Perempuan Singapura

Muara Post - Saleemah Ismail mengatakan secara pribadi ia menilai penetapan badan pemilu Singapura itu terasa lebih bermakna karena bertepatan dengan dua tahun meninggalnya ibunda Halimah Yacob. 

Ia mengisahkan bagaimana sosok calon presiden Singapura itu ketika masih kecil bekerja keras bersama ibunya, menjual makanan dan minuman di Shenton Way, pusat perdagangan di jantung kota Singapura.
"Saya pun gembira sebab saya teringat ibunya menjual teh dan kopi. Tidak banyak orang yang tahu bagaimana Halimah dulu menolak pushcart, balik sekolah ia menjual air dan makanan. Sekarang ibunya alangkah bangga. Hari ini genap dua tahun ibu Mdm. Halimah meninggal. Jika ibunya masih hidup alangkah bangganya. Memang ini ajal, tapi andai ia masih hidup… It’s so meaningful to her. Mana lah ada budak kecil-kecil jual kopi, air, makanan; sejak umur belasan lagi di Shenton Way, pusat kota Singapura. So it’s so significant for her. Jadi kami semua tidak kira di tingkat apapun, mereka yang bekerja sebagai lawyer, menjaga gerai makanan, menyapu sampah, kami semua gembira. Terlebih mengingat ibu Mdm. Halimah adalah seorang penjaga gerai dari pukul 4 pagi hingga 10 malam. Jadi sekarang ibu-ibu yang menjaga gerai bisa berbesar hati, tidak mustahil pada anakku untuk jadi presiden. Kalau Halimah yang anak penjual makanan di gerai, menjadi penolak pushcart di tepi-tepi restoran menjual makanan, maka anak-anakku juga bisa menjadi presiden," papar Saleemah.
Orang Melayu terakhir yang menjadi presiden adalah Yusof Ishak, yang wajahnya menghiasi uang kertas Singapura. Yusof Ishak menjabat sebagai presiden antara tahun 1965-1970, tahun-tahun pertama kemerdekaan Singapura setelah berpisah dari Malaysia. Bersama Lee Kuan Yew, perdana menteri pertama Singapura, Yusof Ishak bahu-membahu membangun negara multi-etnis itu.
Topik : ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.